Sabtu, 13 Agustus 2011

Etika Resourcers & Stock Images



Assalamu alaikum

Berapa banyak stok gambar yang anda miliki ?

Penggunaan Gambar pendukung memang sangat membantu dalam menulis sebuah tutorial desain atau bahkan saat anda mempelajari sebuah tutorial desain.

Biasanya dalam tutorial tersebut akan menyediakan link referensi Gambar yang digunakan. Sebagian gambar mungkin tidak memiliki Lisensi dan bebas digunakan dalam segala kondisi,namun yang pada umumnya memiliki lisesensi yang hanya sebatas untuk keperluan pribadi semata -- tidak untuk keperluan Komersial.

Saya secara pribadi memiliki cukup banyak Resources yang saya dapatkan dari Referensi berbagai Tutorial yang saya pelajari, dan ini cukup membantu kita dalam mempelajari tutorial tersebut. Dan tak sedikit pula yang kita dapatkan sebuah karya grafis yang menggunakan Stock gambar dari berbagai penyedia Resourcers tanpa mencantumkan Link atau Lisensi Resourcers tersebut.

Ada kebiasaan yang saya selalu lakukan saat sedang mengumpulkan Resourcers untuk membuat sebuah Project Pribadi -- saya biasanya menyimpan halaman lengkap dengan Lisensinya atau kalau lagi "sebel" liat desain websitetnya saya hanya membuat screenshot dari Lisensi gambar.

Memang sedikit rumit. Namun setidaknya itulah cara saya menghargai karya orang lain. 

Bagaimana dengan ANDA? Bagaimana cara anda menghargai karya Seorang Seniman. ?
Referensi:

Syukran...
Assalamu Alaikum

avatarAbout Author
Ferdy Syarline // Blogger asal-asalan,perokok ringan. Punya impian kalau nanti bisa berhasil menurut Versinnya sendiri \\ My Tumblr \\ My Facebook

Related Post:



Daftar Komentar: