Kamis, 04 Agustus 2011

What this font ?



Assalamu Alaikum.


Sebenarnya ini adalah kisah pribadi tentang pengatahuan FONT.


Pernah mengalami ketika anda ditanya oleh seorang sahabat atau Klien tentang nama sebuah Font atau klien kita menginginkan Font (sambil memperlihatkan jenis font yang sudah difoto atau diprint) ?


Mungkin saja anda akan berkata "TIDAK TAHU". 
Klien anda mungkin saja akan berfikir jelek tentang anda.


Dengan banyaknya Font saat ini, bisa dikatakan mustahil untuk mengetahui semua jenis font yang ada, bahkan font yang paling sering atau yang terkenal belum tentu dapat kita identifikasikan dengan baik.


Pernah mencoba menghitung berapa banyak Font yang ada sekarang ?
sebaiknya jangan, Jumlahnya mungkin sudah Jutaan bahkan Milyaran. Dengan menjamurnya Software Pembuat Font yang makin instan, memungkinkan seorang pemula pun dapat membuat font mereka sendiri.
Apakah Ini malapetaka ?


Menurut saya pribadi ini adalah sebuah berkah, karena kita memiliki lebih banyak referensi pemilihan Font yang lebih beragam.


Namun ada satu hal mungkin sering kita lupakan bahwa dengan banyaknya Font yang ada dihadapankan kita ternyata membuat kita semakin bingung untuk memilih dengan tepat. Hal ini tentunya harus dibarengi dengan Ilmu Tipografi yang baik.


Bagi seorang desainer, pemilihan sebuah tipografi yang baik seperti ruh sebuah karya grafis. Dan ketika bingung atau tidak tahu jenis Font yang diinginkan kita bisa menggunakan beberapa media yang mampu menampilkan font yang kita inginkan.


Berikut beberapa situs tentang Identifikasi FONT :

dafont.com



Dafont merupakan salah satu situs dengan koleksi Font yang baik. Selain tempat untuk menambah koleksi Font, dafont juga memilki Forum yang memungkinkan kita untuk memasukkan gambar dengan identifkasi Font, namun anda harus mendaftar terlebih dahulu. Dafont memanfaatkan Anggota Forum   untuk menjawab setiap Gambar yang masuk. Jadi lebih sering anda ikut dalam Forum tersebut maka lebih beragam jawaban yang akan anda dapatkan.


Myfont.com


Myfont. menawarkan kemudahan dalam indentifikasi Font. Anda tingal memasukan alamat berkas gambar anda atau memasukkan Link.
 
Ketika gambar yang anda masukkan tidak cukup jelas, maka dengan sendirinya Myfont akan menampilkan Font yang sejenis.


Myfonts sangat baik bagi anda yang membutuhkan kecepatan dalam identifkasi Font.


 Tips pencarian dengan Myfont
  • Gunakan gambar yang memiliki teks Horizantal yang baik, atau gunakan Software tambahan (ex. Corel, Ps atau Ai) 
  • Font dalam gambar harus diatas 100 Pixel. Jadi sebaiknya gunakan dengan pixel yang besar (maks 400,000 pixel)
  • Gunakan gambar yang memiliki spasi yang cukup jelas

 bowfinprintworks.com



 BPW merupakan situs identifikasi font dengan menggunakan pertanyaan seputar Karakter. BPW memiliki 10 pertayaan tentang jenis Font yang anda cari. Dengan menjawab pertayaan sesuai karakter font yang anda cari, BPW dengan sendirinya akan menampilkan Font dengan karakter yang anda masukkan.


BPW sangat baik bagi anda yang hanya sekedar mencari Font dengan karakter yang sedikit beragam.


identifont.com 



Identifont.com merupakan situs identifikasi yang paling banyak memiliki fitur dalam membantu anda mengidentifikasikan font yang anda cari.


Identifont.com memiliki sekitar 40an pertanyaan seputar karakter font yang anda cari, ini hampir sama dengan BPW. Sebenarnya saya ingin mengatahui pasti berapa pertayaan yang ditawarkan Identifont.com, namun kayaknya nie tangan sudah lelah untuk menggunakan scroll mouse


Setiap pertanyaan yang anda jawab maka akan muncul secara otomatis di bagian "Popular matches". Anda juga dapat memanfaatkan bagian Filter untuk lebih memudahkan pencarian.






Situs diatas dapat anda pergunakan dalam pencarian font, ketika anda sedang atau ingin membuat karya grafis dengan menggunakan Font yang tepat.


Postingan ini tidak bertujuan untuk membandingkan keempat situs diatas, namun melainkan sebagai keragaman referensi, mungkin anda bisa menkombinasikan situs-situs diatas.


Selamat Mencari, semoga anda bisa mendapatkan Font yang anda cari Insya Allah.... , dan jangan lupa berdo'a, Saya turut mendoakan ... AMIN


Semoga bermanfaat


Assalamu alakum

avatarAbout Author
Ferdy Syarline // Blogger asal-asalan,perokok ringan. Punya impian kalau nanti bisa berhasil menurut Versinnya sendiri \\ My Tumblr \\ My Facebook

Related Post:



Daftar Komentar: