Rabu, 03 Agustus 2011

Redesign Logo Artalenta



Beberapa minggu yang lalu saya dihubungi oleh kanda saya yang bernama Maman, beliau merupakan guru saya dalam membangun usaha percetakan kecil-kecilan yang kini menjadi usaha saya.
old LOGO

Beliu ternyata berkeinginan untuk mengubah logo beliau, karena dianggap belum bisa mewakili dari citra yang beliau rintis, yaitu Usaha Percetakan Artalenta – general printing.

Setelah sempat Briefing beberapa jam ditemani dengan sketsa awal, saya mendapatkan beberapa point yang nantinya bisa dikembangnkan. Diantaranya beliau ingin logonya bersifat costumize,logo baru beliau harus menggambarkan citra utama dari Artalenta yaitu spesialis cetak sablon manual, yang juga berarti memiliki nilai tambah sendiri yang harus ditonjolkan.

RISET
Ada satu hal yang memudahkan dalam pembuatan logo ini,yaitu beliau sudah memiliki sedikit gambaran tentang logo beliau, dan hanya diracik dengan berbagai riset. Seperti logo perusahaan sejenis.
Yang menjadi tantangan disini , bagaimana menciptakan logo yang mudah terbaca. Hal ini dipengaruhi oleh lingkungan usaha beliau yang belum terlalu menganggap logo itu penting.Sehingga kita harus membuat logo se-sederhana mungkin tanpa meninggalkan unsur utama dari logo. Dengan demikian Logo ini nantinya mampu bertahan dan mudah diingat.

KONSEP
Setelah melakukan riset kecil-kecilan, maka dengan sendirinya kulit-kulit konsep mulai berkumpul dan mengililingi isi kepala. Tugas selanjutnya tinggal bagaimana kita menfilter konsep-konsep yang ada dan hanya mengambil konsep yang terbaik.

Setelah memilah milah berbagai ide dengan sketsa kasar diatas kertas, saya memutuskan untuk memilih 4 logo awal yang saya gunakan untuk presentase dengan kanda Maman.


PRESENTASE

  
Setelah melakukan presentase akhirnya diputuskan untuk menggunakan logo Nomor 1, setelah melakukan 2 kali revisi. Logo ini digambarkan sebagai sebua tanda yang menceritakan kepada calon konsumen bahwa usaha yang dinaungi oleh logo ini memiliki nilai tambah.

Ini disimbolkan dengan tanda + tersembunyi diantara 3 ikon.

3 ikon yang berbentuk persegi lancip ini digambarkan sebagai pola awal dari usaha yang beliau rintis yang juga unsurnya diambil cerita tersendiri dari beliau. Font yang digunakan bernama Alenta V.01 yang dibuat khusus untuk menciptakan kesan Costumize, sehingga semirip apapun logo itu akan tetap memiliki perbedaan.

UJI COBA




APLIKASI


avatarAbout Author
Ferdy Syarline // Blogger asal-asalan,perokok ringan. Punya impian kalau nanti bisa berhasil menurut Versinnya sendiri \\ My Tumblr \\ My Facebook

Related Post:



Daftar Komentar: